15 Jun 2012




Jose Mourinho dikenal sebagai salah satu pelatih terbaik dunia saat ini. Kepada media, termasuk Kompas.com, ia pun membagikan resep kesuksesannya dalam Meet and Greet di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (13/6/2012). "Saya bukan man in the right time on the right place. Tim yang melakukan pilihan (skuad dan pelatih) dengan bagus," jelas Mourinho menjawab pertanyaan media, Rabu malam.


Kunci penting pelatih berjuluk "The Special One" tersebut menorehkan prestasi luar biasa di klub besar seperti Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid tidak terlepas dari tekadnya untuk memberikan prestasi meski berada di tempat berbada. "Saya ingin membagi ide yang saya miliki dan sekaligus belajar ide baru dari orang lain," tuturnya. Sebagai pelatih Mourinho dikenal mampu menangani ego pemain.

"Bukan saya yang menyesuaikan dengan ego mereka. Namun, mereka yang menyesuaikan dengan ego saya. (Di dalam klub) kami harus seperti keluarga, sama seperti ketika di rumah. Layaknya keluarga, masalah selalu ada. Tapi, dengan saling mencintai, kami bisa menyelesaikan masalah," bebernya.
"Saya menyukai pekerjaan saya. Jika Anda punya pekerjaan yang Anda sukai, Anda takkan mengalami masalah," lanjutnya.